Saturday 21 November 2015

Memperbaiki lampu bohlam sendiri

    

     Sangat di sayangkan bila bohlam sebagus dan sekelas philips itu harus di buang lantaran sudah tidak bisa di hidupkan kembali padahal belum tentu parah kerusakan lampu itu.
Saat ini saya ingin berbagi pengetahuan sedikit kepada para pembaca artikel yang setia mengenai cara memperbaiki lampu bohlam tersebut,saya menyarankan agar sebaiknya anda berhati-hati dalam perbaikan bohlam ini,teliti setiap jalur pcb dan sambungan filamennya.

Di sini saya akan mengansumsikan bahwa bohlam tersebut keadaanya masih baik atau tidak hitam pada bagian insulator filamennya bukan berarti tidak bisa di daur ulang,bisa ssaja sih di ganti dengan bohlam yang rusaknya bukan pada bagian itu alias kita mengkanibal dengan bohlam lain yang rusaknya berlawanan.


Namun bila memang demikian keadaanya,kita hany tinggal memindahkan rangkaian elektriknya ke bohlam yang sudah hitam di bagian filamennya,dengan catatan komponenya masih dalam keadaan baik semua.

     Lalu bagaimana dengan kerusakan yang trejadi pada bagian elektriknya? berikut cara sederhana untuk memperbaiki lampu bohlam tersebut,sekali lagi saya mengingatkan untuk berhati-hati dan teliti setiap sambungan yang ada di dalamnya dan juga yang paling penting adalah kemauan anda untuk mencobanya.

Okeh langsung saja...
Hal yang paling pertama kali tentunya anda harus memisahkan antara bagian insulator filamen dengan bagian rangkaian elektriknya agar tidak sulit untuk membolak-balik saat melepas komponen yang akan di ganti.


Selanjutnya anda perhatikan gambar di bawah ini,gambar di bagian rangkaian elektriknya sangat simple,dan untuk memperbaiki bohlam yang mati tadi,anda hanya cukup mengganti komponen yang sudah saya tunjukan dengan tanda panah berwarna merah.


Nama komponen itu adalah Transistor,komponen yang paling sering rusak di dalam sebuah lampu bohlam,walaupun di dalam rangkaian itu ada beberapa komponen lain seperti Trafo,diode dan Resistor,namun komponen-komponen itu sangat jarang terjadi kerusakan meskipun bisa saja rusak,bahkan kerusakan dari rangkaian di atas bisa saja hanya jalur pcb nya yang terputus lantaran kepanasan,terutama lampu bohlam yang berkelas seperti philips dan lainnya.



Ada satu komponen lagi yang juga rentan rusak dalam rangkaian itu,yakni Elco.Apabila anda jeli biasanya bila elco itu rusak akan terlihat dari fisiknya yang mengembung atau pecah


Untuk menggantinya,tentu saja anda harus mempersiapkan komponenya terlebih dahulu dengan spek elco yang sama terutama pada voltagenya biasanya mencapai 400v,dan cara perbaikan lampu bohlam ini berlaku untuk semua jenis bohlam yang di jual di warung-warung terdekat di rumah anda.

     Sampai di sini anda sudah bisa beririt sedikit untuk tidak selalu membeli bohlam yang hanya rusak pada bagian komponennya,selamat mengirit ya!
Oh iya bagi yang ingin beririt lagi,anda bisa mencoba menghitung biaya tagihan listrik sendiri,agar segala peralatan yang kita pakai di rumah bisa terkontrol,silahkan anda baca postingan saya yang ini

No comments:

Post a Comment